KEGENIUSAN SEORANG PSIKOPAT

foto: Google image
Judul film: The Silence of the Lambs
Sutradara: Jonathan Demme
Produser: Kenneth Utt, Edward Saxon, Ron Bozman
Penulis: Ted Tally
Tahun rilis: 1991
Durasi: 118 menit
Biaya produksi: $ 19.000.000

Cerita pada film ini diawali dengan dipanggilnya Clarice Starling (Jodie Foster), seorang siswa Akademi Pelatihan FBI, oleh dosen/atasannya yang bernama Jack Crawford (Scott Glenn). Sang dosen mengutusnya untuk mewawancarai Dr. Hannibal Lecter (Anthony Hopkins) yang berada di penjara rumah sakit jiwa. Adapun  alasan sebenarnya dari wawancara itu adalah untuk meminta petunjuk dari Dr. Lecter atas kasus pembunuhan berantai yang sedang terjadi, yang dilakukan oleh Buffalo Bill (Ted Levine).
Dr. Lecter adalah seorang psikiater genius, sekaligus seorang pembunuh kejam yang sering memakan korbannya, ya.. dia seorang kanibal.

Berjalan di sepanjang lorong penjara rumah sakit jiwa membutuhkan ketenangan dan kekuatan mental. Walaupun  sebenarnya Agen Starling ketakutan tapi ia berusaha terlihat tangguh. Pandangan liar dan kalimat tak senonoh dilontarkan oleh para tahanan di sepanjang lorong, hingga akhirnya Agen Starling tiba di ujung lorong dan berdiri di depan ruang tahanan Dr. Lecter. Sangat berbeda dengan tahanan-tahanan yang lain, penampilan Dr. Lecter rapi dan sopan, tampak terpelajar. Tapi sorot matanya tajam dan cara berbicaranya sangat mengintimidasi.
Mulai dari saat itulah ketegangan demi ketegangan dihadirkan hingga akhir cerita.

The Silence of the Lambs, sebuah film adaptasi dari novel dengan judul sama karya Thomas Harris, thriller yang merajai dunia perfilman di tahun 1991. Meraih 5 penghargaan Academy Awards, 1 penghargaan Golden Globe Awards dan 2 penghargaan BAFTA Awards.
Sangat layak menjadi film terbaik, dengan permainan karakter yang kuat, menurutku ini adalah film yang cerdas.
Walaupun tidak terlalu banyak adegan berdarah, tapi tekanan dan teror yang dihadirkan cukup mengusik mental.


Evi Widjaja
Surabaya, 15 September 2020

Komentar

Postingan Populer