GNOTHI SEAUTON

Review Buku Happiness Inside




Pertama kali melihat dan memegang buku ini, melihat gambar sampul dan warnanya. Langsung terbayang sosok penulisnya, seorang yang ceria, dengan pembawaan tenang dan penampilan sederhana. Aku memang pernah beberapa kali bertemu dengan Gobind Vashdev, nama penulis buku ini, dan merasa cocok dengan cara berpikirnya. Awalnya penulis kelahiran Surabaya ini adalah seorang pembicara multitalenta, kemudian atas desakan beberapa pihak akhirnya penulis menelurkan buku pertamanya dengan judul Happiness Inside, yang bila diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia berarti Kebahagiaan di Dalam.

Sesuai dengan judulnya, penulis melalui buku ini mengajak kita untuk menemukan makna sebenarnya dari kebahagiaan sejati. Tentu semua orang ingin hidupnya bahagia, dan berusaha mencarinya. Seperti banyak kita lihat orang menetapkan target dalam hidupnya untuk mencapai kebahagiaan. Baru merasa bahagia bila sudah punya materi berlimpah, deposito yang cukup untuk membiayai hidup, mendapatkan pasangan hidup dan banyak lagi hal-hal lain di luar diri. Tetapi benarkah demikian? Benarkah kebahagiaan itu baru bisa dirasakan setelah berhasil mendapatkan hal-hal di luar diri? Jangan-jangan itu semua hanya sebatas kesenangan, bukan kebahagiaan sejati.

Socrates pada 25 abad yang lalu telah mengatakan "Gnothi seauton" bila diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia berarti "Kenali dirimu". Sebuah kalimat yang sederhana, tetapi maknanya sangat mendalam. Selama ini aku terlalu berorientasi ke luar, lupa menengok ke dalam diri. Sekarang aku menjadi tersadar, bahwa selama ini sudah kehilangan arah.
Membaca buku ini dengan pikiran terbuka seperti gelas kosong. Akan menghentak kesadaran kita, bahwa sebenarnya kita bisa menemukan kebahagiaan sejati dengan cara sederhana. 


Evi Widjaja
Surabaya, 14 September 2020

Komentar

  1. diingatkan untuk mengenali diriku juga, terima kasih, Mba 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 Mbak, kita sama2 belajar ☺️ Trimakasih ya sudah mampir 🙏🏻

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer